×

Join Kripik Pedass

Blog Archive

Home » » Tips USM STAN (Tes Wawancara)

Tips USM STAN (Tes Wawancara)

Lanjut bahas STAN nih, biasanya sehari setalah Tes Kebugaran selesai, bro sis akan menghadapi yang namanya Tes Wawancara. Buat bro sis yang belum baca step-step masuk STAN bisa baca coretan ana sebelumnya, Kunci Sukses Masuk STAN , Tips Tes Tulis, Tips Tes Kebugaran.


Tes Wawancara STAN, Apa sih yang harus kita perhatikan? Kita mau ditanya apa aja yaa?? Penting gak yaa Tes Wawancara ini??. Pertanyaan ini juga dahulu kala berputar-putar di benak ana. Buat bro sis yang kebetulan memiliki pertanyaan kayak ana atau bahkan lebih penasaran dari ana, nih ana kasi sedikit curhatan plus tips melewati Tes Wawancara STAN ini.

Pentingkah Tes Wawancara STAN

 

Pertama yang paling harus diperhatikan yaitu Tes Wawancara STAN BUKAN FORMALITAS. Yaa, banyak yang bilang, ahh kalo udah lulus Tes Tulis sih itu udah lulus, sudah gak usah Tes Wawancara juga bisa lulus. Ini fatal brooo siiiisss, jangan sepel kan, ini adalah Tes terakhir sebelum bro sis berhak menjadi bagian STAN. Sedikit info kalo waktu angkatan ana, dari 7000 peserta yang mengikuti Tes Kebugaran dan Tes Wawancara, tersisa sekitar 4900an yang benar-benar lulus dan masuk STAN.

Apa Saja Yang Mesti Diperhatikan

 

Kedua yaitu masalah yang harus diperhatikan, menurut ana ini juga penting demi kelancaran tesnya. Berikut ana kasi tipsnya :

1. Jangan Datang Terlambat

Datengnya bila perlu pagi, kalo jadwal kegiatannya misal jam 8 pagi, minimal bro sis dateng 1-2 jam sebelum kegiatannya. Soalnya ini berujung ke masalah antrian, males kan kalo dapet antrian belakang dan mesti nunggu giliran lama, bisa kering tuh gigi nungguin seharian.

2. Pake Baju Yang Rapi

Yaa ini juga bisa buat bro sis gelagapan, pake baju yang rapi. Yang SNI sih kemeja putih lengan panjang, celana kain hitam, sepatu pantofel, dan dasi hitam. Kalo mau di mix juga gapapa, pake seragam bola juga gapapa. Resiko tanggung sendiri tapi, haha...

3. Jaga Sikap

Entah itu waktu baru tiba di lokasi, pas ngantri, pas di wawancara, sampe pas pulang, ingat jaga sikapnya. Jangan main-main, jangan ketawa ketiwi, yang parah sampe salto salto sendiri, pliss jangan.

4. Cari Teman Ngobrol

Jangan biarkan pikiran bro sis kosong dan mengembara sendiri, ajak bro bro dan sis sis sebelah buat kenalan, diajak ngobrol, di cubit, di jitak, tapi ingaaattt tetap jaga sikap. Jangan sampe ribut dan berlebihan. Ini penting biar bro sis gak terlalu tegang, tetap tenang, dan bisa sedikit menambah percaya diri. 

5. Bawa Panganan Sendiri

Wahh kalo masalah ini juga harus diperhatikan, selain sudah sarapan sebelum berangkat wawancara, snack, minuman, perman dan kawan-kawannya juga boleh bro sis persiapkan. Karena biasanya kalo dapet antrian yang panjang ditambah tensi yang lumayan genting membuat bibir dan tenggorokan kering, dan fatalnya lagi aroma nafas jadi gak enak. Nah makanan dan minuman tadi bisa sedikit membantu buat menyegarkan kembali kondisi bro sis.

Tips Wawancara

Ini dia nih intinya, pertama-tama nanti bro sis akan diberikan kuisoner. Isinya masala identitas bro sis, entah itu nama, hobi, sekolah, keorganisasian, dan lain sebagainya. Nah kuisoner ini lah nantinya akan bro sis berikan kepada pewawancaranya, dari situlah biasanya si pewawancara akan mengorek pribadi kita. Intinya isi kuisoner dengan jujur, jangan dibuat-buat. Okeh selanjutnya ana akan jelasin masalah wawancaranya, berikut ini ana akan kasi sedikit tips :

1. Sikap Wawancara

Yang perlu dipehatikan :
> Sebelum masuk ruangan ketuk pintu terlebih dahulu, jangan di dobrak. Ini wawancara, bukan penggerebekan...

> Dari kejauhan sapa pewawancara dengan senyum, jangan di ejek. ciee yang jadi pewawancara cieee, pliss plisss jangan...

> Duduk ketika disuruh duduk, kalo udah lama dan gak ada kode buat disuruh duduk, langsung duduk aja dengan tenang, jangan grasak grusuk. 

> Duduknya tegak tapi tetap rileks. Jangan Tegak kaku kayak kayu, jangan juga terlalu santai macam berjemur di pantai. Ingaaattt jaga sikaapp....

> Minimalkan gerak, seperti gerak menggaruk, mengusap, meniup, senyum-senyum sendiri, mengetuk-ngetukkan kaki dan sebagainya.

2. Pertanyaan Waktu Wawancara

Pertama yang harus dicatat, Tes Wawancara STAN itu beda dari Tes Wawancara lainnya. Perbedaannya itu pada materi wawancara, intinya Tes Wawancara STAN itu mengorek keperibadian bro sis. Jadi gak ada tuh pertanyaannya masalah pelajaran, masalah teori fisika, masalah sejarah dan lain-lain. Menurut ana Tes USM STAN itu mengorek 3 hal, yaitu Otak, Fisik, dan Mental Keperibadian. Otak diwakilkan Tes Tulis, Fisik diwakilkan Tes Kebugaran dan Mental Keperibadian Diwakilkan Tes Wawancara. Jadi jelas pertnyaan waktu Tes Wawancara STAN itu hanya seputar Keperibadian bro sis. Misal nih

Apa Hobinya bro sis???
Kenapa suka itu??
Kapan aja melakukannya??
Pernah Bolos gak??
Pernah Nyontek gak??
Di sekolah ikut organisasi apa?? 
Gimana tanggapan bro sis dengan organisasi tersebut?? Baik atau menyita waktu belajar kah???
Terus ngatasinya gimana??

Yaaa, pertanyaannya gak akan jauh dari contoh diatas. Yang perlu diperhatikan itu JANGAN BERBOHONG, artinya apa yang ditanyakan jawab dengan jujur. Karena pewawancara itu sudah kompeten dan berpengalaman, bisa tau gerak gerik bro sis kalo berbohong. Ana dulu menjawab semua pertanyaan dengan jujur, tapi ana kasi sedikit bumbu, biar gurih. Contoh kecil, misal ditanya kamu pernah nyontek gak?? jawab gak atau yaa, setelah itu sambung dengan alasan, itulah bumbunya, usahakan bumbu alias alasannya itu menarik. Zeehahahaha !!!


Terakhir, tips ana jangan lupa berdoa, biar tenang dan sukses. Bisa Lulus dan menjadi keluarga besar STAN....

Coretan diatas mengandung 99% pengalaman dan 1% bumbu kripik pedass

3 komentar :

  1. Selamat siang , saya mau bertanya , saya lulus angkatan tahun 2016 ini , saya telah membeli buku Prepare USM PKN StAN 2016 ,saat saya berkunjung kesana untuk lapor data yg salah saat pendaftaran , apakah saat Ujian tertulis nanti soal USM itu sama PERSIS dengan yang ada di buku PREPARE USM PKN STAN / hanya materinya yg sama tapi soalnya berbeda? Mohon dijawab ^^

    Terimakasih atas perhatian Saudara

    BalasHapus
  2. Selamat siang , saya mau bertanya , apakah saat saya ditanya kenapa ingin masuk STAN ,saya boleh menjawab dengan curhat ? Karena saya bingung saat wawancar berlangsung saya harus menjawab jujur ,singkat ,jelas & padat (terkesan Cuek) atau menjawab jujur , panjang & lebar? (Terkesan Curhat) Mohon dijawab

    Terimakasih atas perhatian Saudara. 

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya jujur aja, ana juga dulu kebetulan curhat masalah kenapa masuk STAN. Jawab sesuai aja, kasi bumbu sedikit hehe...

      Hapus