×

Join Kripik Pedass

Blog Archive

Home » » Tips USM STAN (Tes Kebugaran)

Tips USM STAN (Tes Kebugaran)

Yaa kali ini ana akan bahas Tips USM STAN lagi, tapi yang sekarang kita menuju tips selanjutnya yaitu Tips Tes Kebugaran!!. Tes Kebugaran di STAN baru-baru ini dijadikan sebagai salah satu Tes USM STAN. Nahh maka dari itu baru segelintir orang yang sudah mencicipi tes ini. Disini ana sebagai orang yang sudah nyicip tesnya bakalan berbagi info dan tips buat bro sis yang kebetulan mungkin saat ini sedang mencari apa aja sih faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam Tes Kebugaran ini, so ini dia sedikit info dari ana, di simak baik-baik yoo....

Tes Kebugaran STAN dilakukan oleh peserta yang sudah dinyatakan LULUS tahap pertama tes yaitu tahap Tes Tulis. Buat yang belum baca Tips Tes Tulis, bisa dibaca disini Tips USM STAN (Tes Tulis). Sebelumnya sudah sedikit ana jelaskan tentang Tes Kebugaran ini dalam pos ana beberapa saat lalu 5 Kunci Sukses Masuk STAN. Ingat!! bro sis jangan bayangkan kalo Tes Kebugaran di STAN itu sama dengan Tes Kebugaran kepolisian, TNI, atau sekolah dinas tetangga, 100% BERBEDA !!. Tes Kebugaran STAN sangat mudah dibandingkan yang tadi-tadi itu, tapi jangan diremehkan yoo.

Tes ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu
> Cek Kesehatan
> Tes Kebugaran

Cek Kesehatan

Pertama bro sis akan menjalani yang namanya cek kesehatan. Cek kesehatan ini terdiri dari
1. Cek Berat dan Tinggi Badan
2. Cek Mata (Rabun dan Buta Warna)
3. Cek Gigi
4. Cek Kebersihan anggota Badan (Telinga, badan, dll)
5. Cek Penyakit Kronis

Dalam cek kesehatan ini bro sis akan ditangani oleh dokter yang sudah disediakan oleh pihak STAN, mulai dari tahapan awal hingga akhir akan dibimbing sepenuhnya, bro sis cukup mengikuti apa yang diinstruksikan oleh sang dokter.

Tips dari ana simpel saja.

1. Cek Mata

Nanti bro sis akan dihadapkan pada tabel huruf  seperti dibawah ini.

Yang banyak kejadian itu banyak peserta yang matanya agak rabun mencoba menghafal huruf-hurufnya. Ini fatal, karena sang dokter sudah berpengalaman dalam mengecek hal semacam ini. Dokter akan berulang kali menunjuk huruf, angka, yang dicetak tebal/berwarna secara acak, sehingga akan kelihatan nanti kalo emang rabun atau dibuat-buat. Jadi kalo bro sis penglihatan kurang jelas cukup katakan "ana gak liat buk dokter".

Selanjutnya juga ada tes buta warna

Kalo bro sis bisa liat pola diatas berarti bro sis gak buta warna, cukup ikuti instruksi dokter, sebutkan angka, huruf atau pola yang dilihat.


2. Cek Gigi dan Kebersihan Badan

Kalo yang ini intinya poles dirilah sebelum ceknya.
> Bersihkan telinga
> Kalo ada gigi yang kurang rapi yaa dirapikan
> Kalo ada panu yaa di usir dulu
> Mandi sebelum tes, pake sampo, pake sikat, pake sabun

Yaahh hal-hal kecil seperti itu juga perlu diperhatikan, malu kan pas bro sis diperiksa telinganya ternyata banyak harta karunnya, malu kan pas periksa gigi masih ada cabe yang nempel di gigi bro sis, apalagi kalo aroma mulut bro sis aduhayy, beeuuhh ampun dahh. Masalah kerapian gigi juga sebenarnya juga ada yang bilang penting ada juga bilang tidak, tapi asal udah bro sis usahakan untuk merapikan dan membersihkannya.

3. Cek Penyakit Kronis

Kalo yang ini bro sis akan di cek dan tanya-tanya, pernah sakit ini gak?? pernah mengalami ini gak?? penyakit kronis bro sis ada gak?? apa??. Yapp hal-hal seperti itu yang ditanyakan, gak usah takut sebutkan penyakit bro sis, kalo yang ini menurut ana semacam pengumpulan informasi aja. Tapi bisa fatal juga sih sebenarnya, nanti ada kan tuh dicek dada, perut, jantung, dll. Misal kalo bro sis ada yang penyakit "A" stadium akhir gitu, jadi kan bisa bahaya dampak kedepannya, karena untuk kedepannya saat menjadi Pegawai, bro sis kan dituntut untuk sehat dan prima. Intinya ini hanya cek kondisi bro sis saja. Ana doakan buat bro sis biar sehat dan dijauhkan dari segala penyakit, Amiinn...

4. Khusus Bea dan Cukai 

Buat bro sis yang pengen masuk BC, ada persyaratan lebihnya antara lain :
> Tinggi minimal 165cm untuk cowok dan minimal 155 untuk cewek
> Berat badan ideal
> Tidak Buta Warna
> Mata min maksimal minus 2

Banyak yang nanyak, kenapa Bea dan Cukai punya persyaratan khusus??. Yaa ana dulu juga sebelum masuk bertanya-tanya. Tapi setelah ana masuk BC (kebetulan ana BC), ana sedikit mengerti. Ini masalah tugas dan fungsi bro sis kedepannya, contoh kecil aja nih memantau X-Ray, pastinya gak boleh buta warna kan. Karena di X-Ray tersebut bro sis harus dapat membedakan mana benda organik, metal, plastik dan lain-lain, dan hal tersebut dibedakan dengan warna. Kita ketahui sendiri untuk BC, tantangan kerjanya bisa dikatakan sedikit lebih. Mulai dari menjaga perbatasan, memberantas penyelundupan, dan lain sebagainya. Oleh karena syarat-syarat khusus tadi dianggap perlu oleh sesepuh yang berwenang demi kelancaran dalam melaksanakan tugas dan fungsi kerja kedepan .


Berarti cuma gara-gara tinggi ana 160 ana gak bisa masuk BC??? Eiitss belum tentu juga, ini memang sedikit rumit, tapi dari pengalaman, ada juga tuh temen ana yang tingginya kurang dari persyaratan, tapi masuk BC. Nahh khusus mengenai ini akan ana jelaskan di kesempatan berikutnya, tunggu ajaa...

 

Tes Kebugaran


Nahh kalo udah selesai cek kesehatan, nanti akan di buat grup-grup gitu semacam kloter buat tesnya. Kalo ana dulu satu grup ada 10 peserta, nanti bro sis akan dibawa ke tempat tes kebugarannya, biasanya sih lapangan. Tes ini dibagi menjadi 2 yaitu :
> Lari 12 menit
> Lari Angka 8 (Shuttle Run)

1. Lari 12 Menit

Kalo yang ini bro sis akan disuruh lari mengelilingi lapangan selama 12 menit. Tips dari ana simpel aja, kurangi tindakan kesurupan, haha. Iyaa kesurupan, maksud ana jangan lari kayak orang kesurupan, cukup tenang dan stabil. Jangan sok-soan lari awalnya sprint terus baru lari 5 menit langsung keok. Atur nafas bro sis, tenang, usahakan larinya meningkat, artinya awal lari pelan pelan pelan sedang sedang dan di momen akhir baru cepat. Tapi ingaatt jangan langsung dihabiskan tenaganya, karena akan ada tes lain yang akan menyusul.

2. Lari Angka 8 (Shuttle Run)

Kalo ini bro sis harus secepatnya mengelilingi pembatas dengan membentuk angka 8 dalam waktu yang ditentukan, kalo gak salah 2 menit waktunya. Jadi dalam 2 menit bro sis dapat membentuk angka 8 sebanyak-banyaknya, itu intinya. Ini juga jangan kesurupan, perhatikan pembatasnya, jangan sampai jatuh. Nih liat gambarnya


Nahh buat 2 macam tes ini yang perlu diperhatikan, ini membutuhkan latihan jauh-jauh hari, minimal seminggu sebelum hari H lah. Kenapa?? yaa biar terbiasalah. Usahakan sering olahraga, minimal jogging 12 menit atau lebih, biar gak kaget waktu tesnya.Untuk yang lari angka 8 bro sis juga jangan lupa untuk melatihnya. Untuk itu ini ada sedikit tips dari ana :
> Biasakan olahraga
> Jangan begadang beberapa hari sebelum hari H tesnya
> Makan makanan yang bergizi dan Imunisasi hahay
> Sehari sebelum hari H tes gunakan untuk istirahat, olahraganya ringan aja.
> Sebelum berangkat tesnya, makan telur rebus biar greget tenaganya (ana dulu)
> Gunakan pakaian olahraga (jogging) yang nyaman.
> Minum susu kuda liar (tips teman ana) :v

Ohh yaa pas hari H tesnya usahakan datang ke lokasi lebih pagi, bila perlu sebelum jadwal yang ditentukan. Soalnya nanti bro sis akan antri, kalo dapet antrian belakang bisa cek kesehatannya belakangan terus dapet giliran Tes Kebugarannya tu siang hari, kan panas, tambah lari-lari lagi. Mending datengnya lebih dulu, terus bisa cek kesehatan lebih dulu dan bisa dapet jadwal tes kebugarannya antara jam 8-9 bisa lebih adem dikit, gak terlalu menguras tenaga.

Setelah Tes Kebugaran akan ada Tes Wawancara, tips lengkapnya bisa di liat disini Tips USM STAN (Tes Kebugaran). Ok itu dulu tips dari ana, semangat, semoga lancar dan bisa lulus USM STAN yoo...


Coretan diatas mengandung 99% pengalaman dan 1% bumbu kripik pedass

Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 komentar :

Posting Komentar