×

Join Kripik Pedass

Blog Archive

Home » » Tips USM STAN (Tes Tulis)

Tips USM STAN (Tes Tulis)




Yoo omairaa, balik lagi ana review masalah STAN, kali ini masalah Tips USM (Ujian Saring Masuk). Di pos ana sebelumnya 5 Kunci Sukses Masuk STAN , udah ana ulas sedikit masalah ini, so ini dia rincian apa yang harus bro sis lakukan biar makin greget menghadapi USM STAN. cekidoott...


Secara Umum dari beberapa angkatan diatas ana, USM STAN dibagi menjadi 3 :
1. Tes Tulis
2. Tes Kebugaran
3. Tes Wawancara
Ini nihh macam tes yang ada, so bro sis harus siapkan diri buat yang pengen masuk STAN, tapi jangan khawatir, ini ana akan memberikan sedikit tips alias pengalaman ana dan pengalaman teman-teman ana yang ibaratnya udah pernah ngalamin 3 macam tes diatas. Buat pos kali ini ana akan membahas masalah Tes Tulis dulu, haha.

Tes Tulis

Ini nih tes paling krusial, paling ngeriiii, harus banyak pesiapan. Kenapa ana bilang ngeri?? ini nih alasannya. Pertama Tes Tulis ini ada 180 soal yang dibagi menjadi 2 macam, 
1. Tes Potensi Akademik (TPA) = 120 soal
2. Tes Bahasa Inggris = 60 soal

Yang kedua itu waktunya cuma 120 menit, 
1. Tes Potensi Akedemik (TPA) = 90 menit
2. Tes Wawancara = 30 menit 
Jadi bro sis gimana caranya jawab 180 soal dalam waktu 120 menit, waduuhh bisa kesurupaann. Tipsnya itu begini bro sis :

 

1. Banyak Belajar

 

Belajar disini yaa belajar materi soalnya. Kalo mau tau model soalnya, bro sis bisa sercing gugel, bisa beli buku USM STAN, disana lengkap soalnya. Bila perlu perbanyak bank soal, soalnya juga di ulang-ulang dan dipahami. Karena model soal STAN dari tahun ke tahun sama, cuma di poles dikit-dikit aja.

 

 2. Banyak Berlatih


Kalo yang ini masalah waktu yang tadi, latih diri bro sis untuk menjawab soal sesuai dengan real time Ujiannya. Bro sis bisa latih sendiri di rumah, ato bisa juga ikutan Try Out STAN. Ini nih TO biasanya diadain sama alumni STAN, biasa diadakan tiap tahun di berbagai daerah juga. Nanti di TO bro sis akan seperti Tes Aslinya, mulai dari soal, waktu, juga ada pengawasannya.

 

 3. Siapkan Mental


Waktu hari H tesnya jangan kaget, siapkan kondisinya biar gak drop. Ingat!! soalnya gak harus dijawab semua. USM STAN mengenal yang namanya "Nilai Mati". Jadi Nilai Mati itu adalah jumlah soal yang harus dijawab BENAR, yaitu 1/3 dari soal. Misal 120 soal TPA berarti nilai matinya 40 soal benar, Bahasa Inggris 60 soal berarti nilai matinya 20 soal benar. Jadi ini berkaitan dengan poin 1 dan 2 tadi, belajar dan berlatihlah soal yang kira-kira bro sis paham betul. Kayak ana, di review sebelumnya ana udah cerita kalo ana gak paham semua model soal, tapi ana mantapkan model soal yang ana paham. Ini ibarat bro sis jangan seperti sawah, lebar tapi dangkal, coba seperti sumur, kecil tapi dalam.

 

4. Persiapkan Hal Kecil


Ini nih juga harus di persiapkan, emang sepele, tapi kalo gak dipersiapkan bisa bahaya. 
a. Cek lokasi tes sehari sebelumnya
b. Siapkan pensil, penghapus, dkk
c. Datanglah dengan pakaian yang rapi. (baju berkerah, celana panjang dan sepatu)
d. Jangan lupa berdoa sebelum mulai menjawab soal, biar tenang
e. Sarapan bergizi sebelumnya. hehee
f. Datang 20 menit sebelum Tes dimulai

 

5. Yakin dan Percaya Diri


Mulai dari Tes ini dibudayakan, karena STAN sudah membudayakan "No Nyontek". Pas Tes bro sis harus percaya dengan kemampuan sendiri, jawab dan ikuti tes dengan bermartabat, jangan mengharap jawaban dari peserta lain, parah kalo emang bawa kunci jawaban entah darimana, apalagi kalo mengharap jawaban turun dari langit, parah tuhh. Yakin aja, kalo udah belajar dan berusaha, bro sis akan lancar dan tenang jawabnya.

Itu dia sedikit Tips dari ana, bisa dipraktekan dan dibuktikan kegregetannya. Buat info aja nih, kalo Tes Tulis inilah dimana peserta banyak yang berguguran. Pas angkatan ana ada sekitar 100 ribu peserata yang mendaftar, dan yang lulus dari tes tahap pertama yaitu Tes Tulis ini cuma 7 ribu peserta, bayangin aja betapa gregetnya tes ini, so sedikit tips dari ana bisa dipraktekan, ana jamin manjur. Setelah ini, jika bro sis lulus tahapan tes tulis ini akan ada Tes Kebugaran, bisa di liat tipsnya disini Tips USM STAN (Tes Kebugaran)


Coretan diatas mengandung 99% saran dan 1% bumbu kripik pedass

2 komentar :

  1. Selamat siang , saya mau bertanya , saya lulus angkatan tahun 2016 ini , saya telah membeli buku Prepare USM PKN StAN 2016 ,saat saya berkunjung kesana untuk lapor data yg salah saat pendaftaran , apakah saat Ujian tertulis nanti soal USM itu sama PERSIS dengan yang ada di buku PREPARE USM PKN STAN / hanya materinya yg sama tapi soalnya berbeda? Mohon dijawab ^^

    Terimakasih atas perhatian Saudara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak sama persis soalnya, namun Materinya sama seperti buku prepare USM PKN STAN. Latihan yang banyak aja, cari soal-soal dari refrensi yang lain juga, cari kelemahan diri, dimana kurang mengertinya terhadap soal-soal tersebut, latihan terus.

      Hapus