×

Join Kripik Pedass

Blog Archive

Home » » 5 Kunci Sukses Masuk STAN

5 Kunci Sukses Masuk STAN




Sebagai alumni yang tampan, ana ingin sedikit berbagi Tips Kunci Sukses  Masuk STAN. Mungkin banyak yang lagi nyari-nyari tempat berlabuh setelah lulus SMA. Sebenarnya semuanya bagus, baik itu PTN, swasta, Sekolah Kedinasan, ngojek, bertani, maupun buka usaha sendiri, semuanya baguss!!! Tapi buat bro sis yang memiliki ke gregetan maksimal ana saranin buat masuk Sekolah Kedinasan, salah satunya itu STAN. Nahh buat yang pengen masuk STAN, ini nihh tips dan trik dari ana, simak baik-baik yaaa....

1.Niat

Sama seperti ibadah atau kegiatan apapun harus diawali dengan NIAT. Masuk STAN juga memang karena NIAT, bukan karena coba-coba, parah meenn kalo cuma modal coba-coba. Kalo niat bro sis udah bagus udah lurus pengen masuk STAN dengan cara yang bermartabat, ana yakin bro sis bisa lulus USM dan bisa menjadi bagian dari STAN, Aminnnn!!!

2. Restu dan Doa

Ngomongin restu dan doa, ana langsung inget sama orang tua. Buat bro sis yang lagi bingung cari tempat berlabuh, sebaiknya banyak meminta saran, baik dari guru BK, teman, pacar, tukang ojek, marbot masjid, dan yang paling utama itu adalah saran dari orang tua. Kasitahu orang tua bro sis, mahh paahh ana mau masuk STAN, oohh iyaa nak mamah dan papah senang liat kamu kalo emang pengen masuk STAN, bbeeuuhhh ana jamin restu dari orang tua 99,99% mengandung kemujaraban.

Kalo udah ortu kasi lampu hijau, sekarang giliran doa, doa dari orang tua maupun doa bro sis sendiri. Doa itu ibarat cheat dalam game, bisa membatu peluang bro sis buat masuk STAN. Tapi dalam hal ini Doa adalah Cheat halal dan dianjurkan. Banyak berdoa salah satu cara ana dahulu buat masuk STAN, di praktekan yaaa bro sis.

3. Belajar dan Berlatih

Pastinya, gak ada cerita tanpa belajar dan berlatih bisa tembus USM STAN, poin ini ibarat pondasinya, harus kokoh. Belajar bisa dengan beli buku "USM STAN" yang dari dulu emang udah ada, dan tiap tahunnya keluar, bisa juga dengan cara ikut TRY OUT STAN, download soal di internet, diskusi soal dan lain sebagainya. Untuk bisa masuk STAN, bro sis harus menjalani 3 macam tes, Tes Tulis, Tes Kebugaran, dan Tes Wawancara. Dan menurut ana yang paling penting itu adalah tes tahapan pertama, yaitu Tes Tulis

Tes Tulis

Untuk Tes Tulis, Tips dari ana cukup optimalkan apa yang bro sis bisa. Intinya soal USM STAN itu gak semuanya harus bro sis jawab. Misal dalam kategori Tes Potensi Akademik, bro sis jago di matematika, yaaa mantapkan matematikanya, ato mantap dalam kosakata bahasa ya mantapkan disana. Pengalaman, ana dulu gak terlalu jago matematika, ana gak hatam semua jenis dan kerumitan matematika, yaa ana harus hatamkan jenis matematika yang ana bisa, ana mantapkan. Bahasa dan soal lain yang udah ana suka ana optimalkan juga, jenis matematika yang ana gak bisa yaa ana tinggalkan. Karena dari tahun ke tahun tipe soal USM STAN itu sama, tinggal bro sis yang mencari celah bagaimana bisa ngakalinnya. Makin greget lagi kalo emang bro sis hatam semua jenis soal USM STAN, makin maknyuss tuuhh, tinggal belajar dan berlatih, pasti lulus, Amiinnnn...
Tips lengkap bisa baca disini Tips USM STAN (Tes Tulis)

Tes Kebugaran

Kalo udah Lulus Tes Tulis, lanjut ke tahap 2 yaitu Tes Kebugaran. Simpel, jangan bayangin tes kebugarannya seperti Sekolah Kedinasan tetangga yaa. Tes pertamanya itu cek kesehatan, baik tinggi badan, berat badan, cek mata, cek buta warna, cek penyakit dan tetek bengeknya. Khusus untuk Bea Cukai punya kriteria khusus dalam hal ini. Intinya kalo bro sis sehat gak usah takut, tinggal dijalani ajaa.

Setelah cek kesehatannya lanjut ke Tes Kebugaran, Tesnya dibagi 2 yaitu lari 12 menit dan lari angka 8.  Tips ana, untuk lari 12 menit larinya gak harus cepat kayak orang kesurupan, cukup tempo sedang dan stabil, Intinya dalam 12 menit itu bro sis lari keliling lapangan aja tuhh, usahakan jangan berhenti. Kalo yang ini latihannya dengan rajin-rajin olahraga sebelumnya yaaa.

Terus lanjut ke lari angka 8, ini bro sis harus lari bolak-balik melewati pembatas dengan membentuk angka 8, Intinya bro sis sebanyak mungkin membentuk angka 8 sampai waktu yang diberikan selesai. Dari jauh-jauh hari bro sis bisa latihan sendiri, baik buat yang lari 12 menit maupun yang lari angka 8. Lengkapnya bisa dibaca disini Tips USM STAN (Tes Kebugaran)

Tes Wawancara

Selesai Tes Kebugaran, lanjut ke Tes Wawancara. Biasanya Tes Wawancara dilaksanakan sehari setelah Tes Kebugaran. Untuk tes ini juga bro sis jangan mikir yang macem-macem, wawancara disini menurut ana cuma bersifat "mengorek pribadi" bro sis. Jadi gak ada tuh pertanyaan seputar pelajaran, ato pertanyaan tentang kimia, fisika, sejarah, geografi dan lain-lain. Pertanyaannya itu seputar pribadi bro sis, misalnya tentang keseharian sekolah bro sis, pernah bolos gak? pernah nyontek gak? eskulnya apa? hobinya apa? dan masih banyak lagi. Tapi biarpun petanyaannya sepele, sebenarnya itu sangat krusial, intinya dalam menjawab pertnyaan bro sis haru JUJUR, jangan ada yang dibuat-buat. Jawab sejujur mungkin walaupun itu pahit. Ingat JUJUR. Lengkapnya disini Tips USM STAN (Tes Wawancara)

4. Terus Cari Informasi

Ini juga gak kalah penting, INFORMASI. Bayangin kalo gak cari info, contoh kecil aja gak baca tulisan ana ini, pastinya bakal ketinggalan info. Jadi info itu penting, baik info tentang tanggal pembukaan pendaftaraan, info jenis soal, info tips dan trik dan lain sebagainya. Buat bro sis yang pengen tau kapan dan bagaimana prosedur pendaftaran STAN langsung kunjungi aja situs http://stan.ac.id/ . Kalo ana dulu pengumumannya keluar di bulan Mei-Juni, jadi buat bro sis yang mau masuk STAN sering-sering mampir disana yaa.

5. Faktor X

Ini nih, ini dia pelakunya Zeehahahaha... Faktor X alias Bejo alias faktor keberuntungan alias Takdir. Yang namanya takdir gak bisa belok kemana-mana, kalo diinget-inget, pas jaman ana banyak yang secara kemauan dan kemampuan buat masuk STAN lebih greget daripada ana, tapi untung ana lebih Bejo. Bukan berarti teman-teman ana gak Bejo, yang lain juga Bejo, tapi mungkin kebejoannya akan lebih berguna di tempat lain, misal kayak masuk sekolah dinas lain kah, ato masuk PTN kah, ato ngojek kah, ato sapa tau ada yang bejo bisa jual bubur terus berangkatin sekeluarganya naik haji, gimana... Udah ada jalan masing-masing, tugas kita cuma berusaha dan ikuti alurnya seperti susu kental manis yang mengalir...

kenang-kenangan

Nahh itu dia kunci sukses masuk STAN versi ana, buat bro sis yang pengen masuk STAN, ana doain bisa lulus dengan cara yang bermartabat.. Amiiiinnn......

Coretan diatas mengandung 99% pengalaman pribadi dan 1% bumbu kripik pedass

2 komentar :