×

Join Kripik Pedass

Blog Archive

Home » , » Agama Tameng Illuminati | Pesan Tersembunyi Tokyo Ghoul

Agama Tameng Illuminati | Pesan Tersembunyi Tokyo Ghoul

Akhir akhir ini ana sedang asik menggeluti dunia semiotika, semacam dunia mengartikan tanda dan simbol. Hal ini membuat ana terus berburu tanda dan simbol di setiap kesempatan, entah saat membaca, mononton film dan lainnya. Dan kali ini perhatian ana jatuh pada sebuah anime, Tokyo Ghoul.

Pertama jika merujuk ke judul coretan ana kali ini, kita setidaknya harus paham dengan dua konsep ini, Agama dan Illuminati. Untuk agama ana  yakin bro sis setidaknya sudah punya dasar laah dengan hal ini, untuk Illuminati mari kita samakan persepsi.


Dari beberapa sumber yang ana baca, dikatakan bahwa Illuminati adalah organisasi yang sejak dahulu kala memang sudah ada, bahkan beberapa sumber mengatakan organisasi ini sudah ada sejak 2000 tahun SM. Memang kata Illuminati mulai ngtren di masa modern ini, karena dahulu organisasi ini dikenal sebagai Pagan Kabbalah. Pagan adalah sebuah organisasi penyembah berhala, sedangkan Kabbalah artinya warisan atau tradisi lisan. So Pagan Kabbalah ini bisa dikatakan sebagai organisasi yang mewariskan ajaran mereka tentang penyembahan kepada Berhala.

Illuminati berasal dari kata Illuminatus (tercerahkan), Illuminati singkatnya adalah sebuah organisasi modern jelmaan dari Pagan Kabbalah, Illuminati sendiri bertujuan untuk membalikkan persepsi tentang hal yang berbau agamis dalam kehidupan publik, kesetaraan gender, dan lain sebagainya. Selain itu Illuminati terkenal dengan ajarannya dalam hal-hal mistis, mulai dari ritual pemujaan berhala dan setan, bahkan agenda tersembunyi yaitu persiapan penyambutan sang Mata Satu yang biasa disebut sebagai New World Order atau Tatanan Dunia Baru.

Mereka Ras Unggul


Illuminati kita ketahui sendiri adalah markas para Yahudi, dan kita ketahui, Yahudi, adalah keturunan yang menganggap diri mereka sebagai ras unggul dibandingkan dengan manusia lain (budak). Melompat ke anime Tokyo Ghoul, apa yang ana tangkap lumayan mengejutkan. Sosok yang mirip dicerminkan pada kelompok/ras satu ini, Ghoul. Perhatikan saja, apa yang membedakan manusia dengan Ghoul?? tidak ada, selain kebiasaan dan tentunya "keunggulan" mereka. Jelas sekali Ghoul digambarkan sebagai ras yang terpilih dan berbeda dengan manusia, punya keunggulan, baik itu kekuatan,dapat meregenerasi luka, dan memiliki fisik superhuman.

Layer atau Peringkat

Illuminati dikenal sebagai organisasi tersembunyi yang sangat terstruktur dengan baik, dalam hal ini di organisasi ini dikenal dengan layer dan pemilahan tugas dan fungsi mereka. Layer ini disebut dengan ordo, ordo tertinggi dikenal sebagai ordo putih. Diduduki oleh orang penting dan berpendidikan tinggi, tugas dan fungsi mereka terfokus dalam hal politik dan pemerintahan. Disisi lain Ghoul juga tidak mau kalah, mereka juga memiliki layer atau tingkatan. Semakin kuat Ghoul semakin tinggi Rank nya, ada S, SS, dan SSS.

Eksis Dengan Cara Yang Sama

Illuminati dengan Ghoul bisa ana ibaratkan eksis dengan yang sama, mereka "memakan" manusia. Seperti yang ana katakan sebelumnya, Illuminati yang nenek moyangnya memliki tujuan "mewarisi penyembahan berhala" ini eksis dengan mewariskan tradisi tersebut. Cara mereka yaa begitu, memakan kita yang mereka anggap sebagai budaknya dengan doktrin doktrin mereka. Agenda mereka tentang Tatanan Dunia Baru membuat mereka untuk terus merekrut anggota baru dengan menyebarkan doktrin dan memutarbalikkan persepsi. Kembali ke Ghoul, sejak awal mereka digambarkan tidak memakan makanan manusia, tapi mereka memakan manusia itu sendiri. So bisa dilihat cara mereka bertahan, disatu sisi Ghoul dengan memakan manusia (fisik), disisi lain Illuminati menjadikan manusia (non Yahudi) menjadi konsumsi mereka, karena tanpa itu, "warisan" mereka tidak berjalan dan agenda mereka tidak akan sampai.

Kaneki Cerminan Mata Satu

Kaneki kita ketahui sendiri awalnya adalah seorang manusia, namun setelah sebuah tragedi sehingga dia didonorkan organ seorang Ghoul, hal inilah yang membuatnya menjadi manusia setengah Ghoul. Diawal transisinya menjadi seorang Ghoul, Kaneki mengalami semacam kegalauan. Gelisah, takut, dan masih tak menerima dirinya sebagai seorang Ghoul, namun disisinya selalu ada Ghoul yang selalu membantunya untuk menampilkan, merubah pemikirannya, ini lohh Ghoul bukan monster seperti yang kamu pikirkan. Banyak sesi dan tampilan yang memperlihatkan bahwa Kaneki perlahan dibantu oleh sesama Ghoul menuju kesempurnaannya.

Lihat mereka memberikan "bantuan" kepada mereka yang mau maupun tidak dalam masuk kedalam Illuminati, bantuan ini sebenarnya cara mereka "memakan" kita. Bukan dengan memerangi kita namun dengan cara menyuapi dan membantu kita untuk memakan kita.

Semakin lama Kaneki pun semakin dalam menyelam dan semakin fasih menjadi seorang Ghoul. Pijakan pertama Kaneki terjadi pada episode akhir season satu Tokyo Ghoul. Singkat saja, bisa dilihat, lihat rambutnya, backgroundnya, tercerahkan bukan?? (Illuminatus). Momen itulah yang membuat Kaneki menyerahkan dirinya seutuhnya untuk menjadi Ghoul (Illuminati). Sejak saat itu dia pun sudah biasa memakan manusia. Lihatlah, sekali bro sis terjerumus, saat itu pula bro sis akan semakin tenggelam.


Agama

Dalam anime ini juga ditampilkan sedikit samar, menurut ana elemen agama untuk saat ini masih dicerminkan pada dua tokoh, Hide dan Amon. Singkat saja....

Hide

Amon

Lihat sendiri kan gambarnya?? ada yang sedikit mengganggu penglihatan bro sis??.
Yaa itu dia sedikit ekspresi yang ingin disampaikan anime ini, mereka (Hide dan Amon) dalam banyak kesempatan terlihat sebagai Tameng bagi Kaneki sang Mata Satu. Hide sahabat Kaneki jelas-jelas digambarkan menyembunyikan identitas, lokasi, dan informasi lain tentang Kaneki. Di lain pihak Amon, walaupun dia pemberantas Ghoul, dalam banyak kesempatan terlihat dia melepas sang Ikon Ghoul, Kaneki sang Mata Satu.

Fakta tak jauh dari hal tersebut, seperti yang ana sebutkan sebelumnya, tiap layer memiliki tugas dan fungsi tersendiri. Tak terlepas dari tugas tersebut, agama adalah lahan favorit mereka, banyak sekali contoh dari para penyusup agama yang sebenarnya masuk agama tertentu untuk menjalankan agenda mereka, huhh serem.

Intinya Tokyo Ghoul dalam pengamatan ana sedang menggiring kita pada sebuah point, dimana point tersebut memang benar-benar terjadi di sekitar kita. Illuminati itu ada, Walaupun yang membangun sebuah ras tertentu, namun ras lain ikut menanamkan modal juga demi keberlangsungannya. Lihat sekeliling kita, doktrin sekularisme membayangi keseharian kita, dunia yaa dunia, akhirat yaa akhirat, masalahnya jangan di campur. Inilah doktin yang mulai terbiasa, membuat kita mengenyampingkan agama. Jelas digambarkan oleh Kaneki, yang bergulat untuk tetap teguh menjadi manusia atau bergabung menjadi seorang Ghoul.

Tanpa sadar kita sebagai penonton dalam hati bergumam sendiri, "sudah daripada kamu terkekang, disiksa, sudah lepaskan saja amarahmu, biarkan kamu menjadi Ghoul". Bukankah otak bawah sadar kita menangkap hal itu?? Ditambah lagi dengan tanda, dan simbol membuat anime ini sarat akan pesan sesungguhnya yang ingin disampaikannya.

More Kontroversi : Akhir Zaman?? Pesan Tersembunyi Film Lord of The Rings
                                Tuhan Menciptakan dan Diciptakan Manusia | Makna Film PK
                                Tuhan Tidak Ada dan Kita Tidak Membutuhkannya
                                Propaganda Lesbian, Pesan Film Anak-Anak Masa Kini

Mungkin Ini Maksudnya

Walaupun animenya masih on going alias belom tamat, kemungkinan yang akan terjadi masih sangat luas. Namun jika terfokus pada sang lakon utama, Kaneki, salah satu kemungkinan yang akan terjadi menurut ana yaitu bahwa Kaneki lah cerminan Sang Mata Satu.


Walaupun sudah seutuhnya menjadi  seorang Ghoul, perasaannya kepada manusia masih sama, terutama pada orang-orang terdekatnya. Ini akan menimbulkan sebuah peluang Kaneki akan menjadi penengah antara Ghoul dan manusia, bisa hidup berdampingan. See... Tatanan Dunia Baru...


Coretan daiatas mengandung 99% renungan dan 1% bumbu kripik pedass

27 komentar :

  1. Makan manusia? Mirip Attack on Titan

    BalasHapus
  2. dari apa yg ane bc si blogger cm pgn terkenal, wkwkw mata 1 ud ad dr jmn kakashi(naruto),koku/kuko(naga d flame ndari recca),kaneki jg kg smbrangan mkn org..bykan mkn ghoul biar kuat

    ad yg lbh jlas ngbw iluminaty..yugioh sm ao no exorcist, hadeh..imajinasiny

    nambain SnK titan (yg mungkn awalny org, ngliat dr kasus emakny armin yg kyny jd titan gndt d dlm rmh) it jg bs brarti org mkn org #oot dkt

    banyak2 bc komik/manga bro biar bs berimajinasi. ini mah bkn kritik pedas tapi kritik bodoh krg wawasan, wkwkkwk

    kl mao kritik, kritik ISIS ato situs2 radikal yg dklose

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. ini bahas semiotika, mau tau apa itu, silahkan cari di gugel
      2. ini lingkupnya Tokyo Ghoul, bukan untuk bahas semua anime atau animasi di dunia ini,
      3. ana bukan otaku wkwkwkw,
      4. anime yg bro sis sarankan akan ana tonton dan kedepan sptau ana corat coret juga

      Hapus
  3. Kaneki blm pernah makan mns

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang, kaneki makan manusia itupun sekali karena di suapin touka.

      yang ana bilang makan manusia adalah ghoul secara umum, bukan hanya kaneki. Ghoul makan manusia kan?? hehe

      Hapus
  4. tergantung gan kita menyikapi anime itu sprti apa? kalo ane sih menganggap sebagai hiburan semata. kalo iman kita kuat kita ga akan terseret ke hal hal yg sesat. anggap saja itu hanya sebuah karya imajinasi manusia yg ingin menghibur. dan ane suka tokyoghoul. tapi alhamdulilah tuh ga jd illuminati :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa emang tergantung sis, sis yaa??
      coretan ana gak ada yg bilang abis nonton ini jadi illuminati, it just semiotika, hehe

      Hapus
    2. Tapi itu akan menyesatkanmu,akan ada sesuatu yang mempengaruhi otakmu secara tidak sadar dan kemudian kau akan tersesat

      Hapus
  5. Ane yang otaku sebenernya sih kurang setuju. Tapi ente ada benernya juga ._. (Terutama yang tentang hide sama amon itu)
    Tapi mungkin penulis tokyo ghoul gak bermaksud kaya gitu, mungkin itu kebetulan, dan apapun emang mungkin aja terjadi (gue ngomong apa sih?)
    semua ada negatif positif nya lah, intinya ya gitu dah, semua punya pemikiran nya masing2.
    Tergantung bagaimana hati dan pikiran kalian tentang kepercayaan itu sendiri. (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciaa ciaa dalem banget komennya, sampe bawa bawa hati dan pemikiran,,,

      Hapus
  6. Amon (pacar gw) pake kalung yang bentuk salib itu karena dia bisa terus mengenang/kenang kenangan dari panti asuhan yang ngasuh dia sejak kecil karena orang tuanya di makan ghoul
    satu lagi, baca juga manganya -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca manganya??? ana usahakan,,,
      ana gak bermaksud ngejelekin pacar sis, sorry2

      Hapus
  7. Cerminan Sang mata satu yang mna maksud lu
    Dajjal gitu
    Emng dajjal bakal jadi penengah gitu
    Heh ngarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ghoul kan ana analogikan dengan Illuminati
      Nah saat Ghoul dan manusia bersatu dibawah kaneki itu ana analogikan dengan New World Order,
      semoga mengerti...

      Hapus
  8. It's just a show, ga usah dibawa ke realita. Untuk hiburan aja, lagian ga ada yg mau mikir sejauh itu, kalaupun ada itu ente.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mikir jauh??
      Syukur deh ana selangkah atau dua atau tiga langkah mikir di depan bro gading, hihi

      Hapus
    2. satria kuda yang baik...ana sarankan, jangan menimbulkan fitnah deh...dari pada dosa. kan belum tentu itu benar. bisa kemungkinan cuma kesalahan teknis. lagian, di jepang islam udah tenar tah ?, belum kan ?. yang tenar paling di negara Eropa sana, dan Amerika. klo boleh saya sarankan, anda masuk ke TERORIS aja, kan banyak temen senasib tuh....?!. lagian islam nggak di bolehin buat fitnah sembarangan, tanpa bukti dan alibi dari si pelaku sendiri.

      Hapus
    3. selamat juga yang sudah terlalu gila... dengan ke-fanatikan Agama kalian. silahkan menghina kami...jangan sok tahu deh soal yang kayak rahasia kayak gituan. emang kami itu cetek otaknya ?, kami sebenarnya sudah satu langkah lebih jauh dari kalian. illuminati ?, bukannya kalian ya ? yang illuminati ?, klo kalian bukan illuminati. ngapain kalian ngepost kayak ginian ?

      Hapus
  9. ada benernya juga bro teori yang nte buat..ane sangat mengapresiasi teori nte..
    ane juga baru nyadar dgn simbol2 lafaz allah dan salip kristen dianime itu. kalo salip kristen sih ane ga terlalu kaget krn salip dah biasa di anime2 lainnya.
    pendapat aja, entah mengapa kita sbg penonton jg seakan2 dihipnotis kalo manusia (dalam hal ini CCG) yang anggap jahat. dan ghoul adalah makluk yang baik, harus dilindungi. dll
    mungkin ini yang disebut perang pemikiran... haha
    pokoknya artikelnya bagus bro. mantap

    BalasHapus
  10. Makasih artikelnya MBLO ^_^ Arigato gozaimasu ^_^
    Ane juga punya pemikiran sendiri soal ini karena kebetulan ane seperti kaneki gitulah ibaratnya ane berhati islam tapi pemikiran ku seperti Attheis
    Jadi ane punya pemikiran sendiri soal pesan T.G but for ALL thanks ^_^


    ditunggu kunjungannya
    http://www.zero-zeos.blogspot.com

    BalasHapus
  11. meh... Mungkin ini hanya kebetulan. Lagian amon pake tanda salib di kalungnya buat ngenang pantinya -_- nie admin gak bisa berimajinasi

    BalasHapus
  12. maaf nih sebelumnya, sy cm gatel aja kepengen ikutan komen. Menurut saya, artikel ini ada benarnya juga. Mohon maaf buat abang-abang yang komen di atas kalo ngerasa ga setuju, mohon dicermati dulu artikel yang di buat abang ini. Menurut sy, abangnya ini ngga ngebahas soal cerita tokyo ghoul secara keseluruhan mulai dr manganya ato anime, alur ceritanya, sebab akibat apalah itu, tp yang dia bahas cm simbol" yg berkaitan sm illuminati di TG. Mestinya klo dia mau bahas simbol illuminati yg ada di semua anime, yah..judulnya diganti dong. Sy ngga bermaksud membela ato apa, tp sy sendiri termasuk org yg jeli (dan risih) sm simbol" illuminati. Menurut sy, justru seperti itulah cara kerja otak kita. Terus"an mengelak dengan nganggep kalo simbol" itu cuma sekedar kebetulan, hiburan, ato apalah, padahal udah jelas" ada di depan mata. Dan semakin sering kita terbiasa sm simbol semacam itu, lama kelamaan sadar ga sadar bakalan ngikut jg jd illuminati. ini menurut sy aja yg sok tau ya. ga ada yang namanya kebetulan kalo soal illuminati. orang" di dlm organisasi itu isinya orang pinter semua. justru mereka SENGAJA menyebarkan illuminati dgn cara" yg (bs dibilang) KEREN, NGIKUTIN TREN, dll, misal lewat musik,film,dll, biar pengikutnya makin banyak (yup, sy pernah baca soal ini di artikel mana gt). Okelah, kita bs bilang misal imannya kuat pasti ga bakalan terpengaruh. Iya sh, ada benernya jg, tp emang ada manusia yang ngga luput dr kekhilafan gt?
    ini cm opini sy aja sh, maaf kalo terlalu panjang ato kata"nya menyinggung, sy minta maaf. sekian dn terima kasih :)

    BalasHapus
  13. buat yg masih sempet2nya ngucapin ini kebetulan atau bahkan smpe ngtain penulisnya kurang berimajinasi , gw cmn bisa ngucapin Selamat buat kalian , karena udh kemakan propaganda para illuminati . jujur aja mau gk mau simbol mereka memang bakal terus2an bersinggungan dgn kita , karena memang kita ini adalah umat akhir zaman . banyak2in ibadah aja dan perkuat iman , gk masalah nonton begituan yg penting tetap aware dan waspada jgn smpe kena mind control para illuminati , sekian , sering2 jg baca artikel tentang illuminati di web indocropcircle biar semakin banyak ilmunya .

    BalasHapus
  14. hhhhh aduh nikin ketawa nih blog adminya lg ikut kontesl nglawak pasti ilmunati itu di hubuhin ama tokoyo ghoul hhhhh .kalau belum tau ilmunati mending gau usah sotoy min ilmunati ngak seperti yg kita pikirkan y lo cr dsh informasi info ilmunati yg bener trus baru lo buat naskah catet di blog lo add fb gwe kalau dah ketemu wisnu n'sex #ngakakonline blog lawak

    BalasHapus
  15. mau keluar gua, atau mau tetap di dalam gua itu pilihan. yang jelas jalan yang lurus itu adalah kebenaran bukan agama karena pada kenyataannya agama adalah bagian dari politik untuk mendapatkan harta, tahta dan wanita.

    BalasHapus
  16. Bukanya sudah jelas ya di animenya ada tanda segitiga iluminati pada nyangkal ,noh dibuku milik sen taktsuki ada judul mac goffin hanged man atou apa gitu ,dan bergambar rantai beground nya aja iluminati ,so pikirin aja lah apa maksudnya ,nih di gambar itu menjelaskan dajjal sang mata satu buta mata kanannya mencoba keluar dari tempat itu yg dirinya dirantai oleh allah ,mencoba untuk keluar ,tulisan ane ribet bro so free bully cuman menyampaikan pendapat tau gak mac goffin dia pengikut iluminati ter cerdas

    BalasHapus